Selasa, 28 Juni 2011

Sejumlah keberanian pemuda Medan ini dalam men-dress-up tunggangannya terlukiskan pada desain cutting sticker yang berkonsep Samurai… Keberanian Bob Rambe dalam membungkus seluruh bodi Lancer GLXi lansiran tahun 2000 ini patut mendapat acungan dua jempol, pasalnya balutan sticker putih yang terkombinasikan dengan cutting sticker Gold Chrome bergambar kartun samurai ini memang catching. Buktinya ribuan pasang mata sempat terpana dengan desain apik pemuda Medan ini saat Bob memarkir mobil ini di pinggir jalan protokol di kota Medan beberapa waktu lalu. Meski sedikit menyimpang, mobil ini memang menarik setelah konsep Japanese Street Racer yang diusungnya semakin diperjelas dengan permainan cutting sticker bergambar Samurai.

Keberanian berikutnya, Bob juga tak tanggung-tanggung membedah mobil kesayangannya dengan segudang kreasi seperti mengaplikasikan shaved door pada pintu belakang dan bagasi, membentuk engine hood custom open motorized, wing custom, dan body kit full bumper custom, serta lampu-lampu depan belakang yang juga tak luput dari pergantian produk.

Pemilihan Cat Kendaraan Anda



Dalam dunia otomotif dan khususnya dalam arena modifikasi, cat memegang peranan yang cukup vital, karena cat pada mobil itu bisa diibaratkan 'kulitnya mobil'. Jika kualitas warna dan permukaannya bersih maka mobil tersebut jadi makin enak dilihat, begitu juga bila terjadi hal yang sebaliknya. Sebelumnya SO! pernah membahas tentang perbandingan antara Car Painting VS Cutting Sticker. Kali ini kami tuliskan serba-serbi mengenai custom painting. Mulai dari jenis, harga, trend, dan pengerjaannya.

Pemilihan material bahan pengecatan dan juga teknik pengecatan merupakan dua hal yang saling berkaitan disini, dimana satu sama lainnya saling menyokong. Memang dalam pemilihan warna yang akan dibalurkan ke mobil itu tergantung selera dari si pemilik karena biasanya mewakili karakter dirinya. Untuk warna-warna standar biasanya sudah disediakan semacam katalog warna, sedangkan untuk warna-warna gradasi biasanya disediakan semacam sampel warna.

Jenis Dan Merk
Untuk jenis-jenis cat yang membanjiri pasaran pun sangat banyak, mulai dari produk lansiran lokal sampai dengan lansiran luar. Jenis-jenisnya mulai dari Candy, Xyrallic dan Diamonds. Cat-cat yang dipergunakan dalam pengecatan adalah cat primer, base coat, clear coat, hardener dan shinner. Brand/produk lokal yang biasa dipergunakan mulai dari Danagloss, Catina dan juga kansai.

Dan untuk mendapatkan hasil pengecatan dengan kualitas yang sangat baik, biasanya pengecatan dilakukan pada saat cuaca sedang cerah/matahari bersinar dengan terik alias dimusim panas. Apabila sedang musim hujan, maka hasil terbaik didapat setelah keluar dari oven pengecatan.

Brand Luar vs Lokal
Dengan banyaknya jenis cat mobil yang beredar dipasaran, otomatis terjadi persaingan baik dari segi harga maupun dari segi kualitas cat. Tidak semua rumah modifikasi menggunakan cat dengan brand luar mulai dari proses awal hingga finishing, karena ada juga yang menggunakan brand campuran antara lokal dengan luar untuk menekan biaya ataupun yang hanya mempergunakan brand lokal saja.

Seperti menggunakan brand Spies Hecker mulai dari tahap awal pewarnaan hingga finishing untuk menjaga kualitas, namun skill SDM bengkel tetap berpengaruh terhadap hasil pengecatan.Antara brand cat lokal dengan brand luar sama saja, yang membedakan hanya segi kualitas (ketahanan cat). Biasanya cat lokal kurang tahan lama, brand cat luar yang dinilai mumpuni, yaitu Sikkens, Spies Hecker dan Dupont.

1957 Ferrari 250 Testa Rossa – $12.4 million atau sekitar Rp 112 miliar:


Ferrari 250 TR terkenal karena telah memenangkan sepuluh dari sembilan belas balapan yang diselenggarakan antara tahun 1958 dan 1961.

TR khusus ini memenangkan posisi ke-4 ketika dikendarai oleh Piero Drogo di Buenos Aires 1000 km pada bulan Januari 1958. Drogo mengemudi sekali lagi, di Grand Prix Kuba, sebelum dia menjualnya ke Amerika, dikendarai oleh Alan Conell dalam sembilan balapan dan menghabiskan sebagian besar waktu dalam 1 atau 2 tempat di kelas. Ini ditampilkan dalam dua belas balapan lebih antara tahun 1960 dan 1963, menjadikannya salah satu yang paling kencang Ferrari sepanjang masa.

Muscle Car Yang Melegenda

AWAL tahun 60-an sampai 70-an merupakan zaman keemasan bagi industri automotif Amerika Serikat. Muscle car yang menjadi ciri khas tunggangan warga Paman Sam ini terus berevolusi dan menjadi kendaraan andalan.

Sejumlah merk ternama mulai mengembangkan model sendiri, mulai dari Ford Mustang, Chevrolet Camaro, Plymouth Barracuda, Pontiac Trans-Am hingga Dodge Charger.

Berikut ini adalah daftar Muscle Car yang melegenda di eranya:

Pontiac GTO 1964
Mobil ini dianggap sebagai salah satu pelopor muscle car selama zaman keemasan tahun 60-an dan 70-an karena memiliki tampilan simpel namun tetap terlihat berkelas. Di bawah kap bersemayam mesin V8 dengan kapasitas 6.4 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 325 hp pada putaran 4,800 rpm. Jika menggunakan karburator Tri-Power tenaga terdongkrak hingga 348 hp.

Shelby Cobra 427 Super Snake 1967
Di dukung mesin Shelby V8 yang dipasang supercharger Paxton, hasilnya pun sangat mengagumkan hingga 800 daya kuda.

Dodge Charger R/T 1968
Mobil ini dikenal sebagai jagoan Vin Diesel dalam film Fast and Furios. Si hitam ini dibekali mesin Four-Barrel Magnum V8 dapat memproduksi tenaga sebesar 375 hp. Namun jika dikombinasikan dengan mesin Hemi 426 tenaga dapat bertambah mencapai 425 hp.

Plymouth Road Runner Hemi 1968
Mobil ini memiliki sejarah unik, pasalnya Playmouth membayar 50 ribu dollar AS kepada Warner Brothers untuk menggunakan nama tersebut. Mobil ini memakai mesin standar V8 383-cid empat barel dengan tenaga maksimal 335 hp atau mesin Hemi 426-cid dengan tanaga 425 hp.

Chevrolet Camaro ZL1 1969
Mobil ini paling langka dimasanya karena memiliki model paling ciamik dari muscle car Amerika yang pernah ada. Camaro memiliki tenaga luar biasa karena mengusung mesin big-block V8 berkapasitas 427 cu yang dijuluki ZL1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 500 hp. Bahkan mobil ini mampu berlari dalam jarak 0-60 mph hanya dalam 5,3 detik.

Ford Mustang 428 Cobra Jet 1969
Mobil ini juga memiliki power tidak kalah besar dari yang lainnya. Berbekal mesin V8 428-cid dengan kepala katup lebih besar dari standar Mustang dan ram-air induction membuat Cobra lebih bertenaga karena mampu menghembuskan tenaga 410 hp.

Chevrolet Chevelle SS 1970
Mobil ini sebenarnya adalah pendahulu Camaro, namun karena nama saudara mudanya itu lebih cepat melesat dan akhirnya sinar Chevelle SS pun meredup. Chevelle SS mempunyai mesin big-block V8 dibawah kapnya. Mesin tersebut mampu mensuplai tenaga hingga 450 hp dan torsi 500 lb/ft.

Plymouth Hemi’Cuda Convertible 1971
Muscle car yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, mobil ini pesaing Camaro dan Mustang. Karena dibawah bonnet terdapat mesin V8 bertenaga 425 daya kuda.

De Tomaso Pantera 1973
Pantera dibekali mesin Cleveland V8 dengan power maksimum mencapai 330 hp yang dikawinkan dengan transmisi manual ZF lima percepatan. Tampilan Pantera lebih modis jika dibanding model lainnya. Mobil ini merupakan salah satu mobil yang dimiliki raja Rock n Roll, Elvis Presley

Tips Modfikasi

Tips Modifikasi Mobil. Agar tak salah langkah, maka ada baiknya Anda mengikuti beberapa Tips Modifikasi Mobil di bawah ini agar menghasilkan tunggangan modifikasi yang tak mengecewakan.

1. Rencana
Langkah pertama untuk Modifikasi Mobil adalah menggunakan jasa modifikator yang sudah terbukti reputasinya. Dengan pihak yang sudah lebih berpengalaman seperti ini, Anda bisa mencurahkan rancangan awal mobil yang diinginkan.
Selanjutnya, desainer ini pasti akan memberi masukan berguna soal warna, jenis ban, interior, dan hal-hal yang berhubungan lainnya.
2. Budget
Setelah punya bayangan seperti apa mobil Anda inginkan, maka sekarang saatnya mengintip isi dompet. Pastikan seberapa besar dana yang Anda alokasikan untuk modifikasi ini.
Riset terlebih dulu berapa harga spare part dan waktu yang dibutuhkan untuk Modifikasi Mobil. Bila Anda memilih menggunakan jasa profesional, maka pastikan Anda sudah memasukan budget tambahan untuk honor.
Jangan pula Anda mematok budget yang kelewat pas. Lebihkan budget tersebut sekitar 10% untuk jaga-jaga hal yang tidak diinginkan.
3.Menemukan mobil yang tepat
Setelah memastikan budget Anda cukup, sekarang cari mobil bekas yang layak menerima polesan. Semakin sedikit karat dan kerusakan, semakin dompet Anda berteriak senang olah karena itu Servis Mobil harus sering dilakukan.
Namun yang paling penting, pastikan Anda sudah riset lebih dulu soal mobil itu. Paling tidak Anda tahu tahun pembuatan dan spesifikasi yang mengikutinya.
Satu hal yang tak boleh terlewat, pastikan calon tunggangan Anda bukan CURIAN.
4. Daftar Spare Part
Setelah belanja berbagai spare part, ada baiknya Anda susun daftar belanjaan tersebut. Catat dimana saja Anda simpan barang-barang itu supaya Anda tak membeli barang yang sama dua kali.
Jangan lupa pula tandai bila spare part tersebut sudah melekat di mobil kesayangan.
5. Kikis Cat
Ada beberapa metode yang disarankan beberapa bengkel ternama untuk pengikisan cat. Yang paling sering digunakan adalah media blasting yang membuat mobil Anda kembali ke warna asli abu-abu.
Bisa juga menggunakan soda blasting, yang menggunakan baking soda dalam tekanan tinggi. Hasil dari soda blasting ini mobil terlihat bersih, mengkilap ‘fresh from the factory’.
Metode terakhir adalah celupan asam. Dimana mobil akan dicelupkan dalam satu kolam penuh asam untuk memudarkan cat.
6. Cat Baru
Setelah mobil Anda ‘telanjang’ sudah saatnya Anda menghubungi tukang cat berpengalaman. Referensi bisa Anda cari lewat Bengkel Mobil dan toko terkenal yang sudah sering menyediakan jasa tukang cat seperti itu.
Anda bisa berdiskusi dengan Bengkel Mobil soal pilihan dan merk warna. Meski
terlihat sedikit mahal, tapi dijamin Anda tak akan menyesal dengan hasilnya. Dan yang paling penting, jangan terlena dengan tawaran cat murah karena tapi kualitasnya belum tentu bisa Anda andalkan.
7. Mesin
Sementara mobil Anda dicat, sudah waktunya berbelanja hal yang penting dan paling mahal. Mesin.
Pastikan mesin yang Anda pilih sesuai dengan power plant yang Anda inginkan (lakukanlah Perawatan mobil). Selanjutnya silahkan mencari mesin dengan harga terbaik sesuai jenisnya.
8. Rem dan Suspensi
Pencarian mesin bisa dibarengi dengan mencari sistem suspensi yang cocok. Ingat lebih baik menghabiskan banyak uang untuk dua hal tersebut saat ini, karena dijamin tahan lama sebainya lakukan Perawatan mobil.
Dibanding Anda mencari bahan murah tapi cepat rusak. Cocokan pula jenis dan tipe ban dengan rem pilihan Anda.
9. Detail
Setelah semua terpasang, sedikit lagi Anda akan bisa menikmati mobil baru tapi lama tersbut. Tapi Anda musti ingat detail yang selalu menangkap perhatian orang, interior dan eksterior.
Pada bagian luar jangan terlalu banyak memainkan warna, karena kemungkinan hasilnya malah mengecewakan dan tak sedap dipandang mata.
Pilihlah warna dan tekhnik sapuan yang tepat karena disitulah letak ‘wow’ faktornya. Begitu pula bagian dalam, jangan sampai menjatuhkan nilai cantik yang sudah susah payah dibangun bagian luar.
10. Selamat menikmati mobil baru Anda ingat Servis Mobil.

Senin, 27 Juni 2011

Jimny - Rubicon

Project terbaru Otogloss BodyWork studio , Extreme Modification
Jimny 4x4 turn into Rubicon

Penasaran kan... tunggu info kami selanjutnya..