Selasa, 28 Juni 2011

Pemilihan Cat Kendaraan Anda



Dalam dunia otomotif dan khususnya dalam arena modifikasi, cat memegang peranan yang cukup vital, karena cat pada mobil itu bisa diibaratkan 'kulitnya mobil'. Jika kualitas warna dan permukaannya bersih maka mobil tersebut jadi makin enak dilihat, begitu juga bila terjadi hal yang sebaliknya. Sebelumnya SO! pernah membahas tentang perbandingan antara Car Painting VS Cutting Sticker. Kali ini kami tuliskan serba-serbi mengenai custom painting. Mulai dari jenis, harga, trend, dan pengerjaannya.

Pemilihan material bahan pengecatan dan juga teknik pengecatan merupakan dua hal yang saling berkaitan disini, dimana satu sama lainnya saling menyokong. Memang dalam pemilihan warna yang akan dibalurkan ke mobil itu tergantung selera dari si pemilik karena biasanya mewakili karakter dirinya. Untuk warna-warna standar biasanya sudah disediakan semacam katalog warna, sedangkan untuk warna-warna gradasi biasanya disediakan semacam sampel warna.

Jenis Dan Merk
Untuk jenis-jenis cat yang membanjiri pasaran pun sangat banyak, mulai dari produk lansiran lokal sampai dengan lansiran luar. Jenis-jenisnya mulai dari Candy, Xyrallic dan Diamonds. Cat-cat yang dipergunakan dalam pengecatan adalah cat primer, base coat, clear coat, hardener dan shinner. Brand/produk lokal yang biasa dipergunakan mulai dari Danagloss, Catina dan juga kansai.

Dan untuk mendapatkan hasil pengecatan dengan kualitas yang sangat baik, biasanya pengecatan dilakukan pada saat cuaca sedang cerah/matahari bersinar dengan terik alias dimusim panas. Apabila sedang musim hujan, maka hasil terbaik didapat setelah keluar dari oven pengecatan.

Brand Luar vs Lokal
Dengan banyaknya jenis cat mobil yang beredar dipasaran, otomatis terjadi persaingan baik dari segi harga maupun dari segi kualitas cat. Tidak semua rumah modifikasi menggunakan cat dengan brand luar mulai dari proses awal hingga finishing, karena ada juga yang menggunakan brand campuran antara lokal dengan luar untuk menekan biaya ataupun yang hanya mempergunakan brand lokal saja.

Seperti menggunakan brand Spies Hecker mulai dari tahap awal pewarnaan hingga finishing untuk menjaga kualitas, namun skill SDM bengkel tetap berpengaruh terhadap hasil pengecatan.Antara brand cat lokal dengan brand luar sama saja, yang membedakan hanya segi kualitas (ketahanan cat). Biasanya cat lokal kurang tahan lama, brand cat luar yang dinilai mumpuni, yaitu Sikkens, Spies Hecker dan Dupont.

2 komentar:

  1. Permisi, saya masih awam mau tanya apa bedanya pengecetan siram dengan semi restorasi? apakah harga paket tersebut tidak dibedakan dengan jenis mobilnya? misalnya sedan dengan avanza apakah harga paketnya sama?

    Terimakasih,

    BalasHapus
  2. Prihal hasil bagus suatu pekerjaan cat mobil atau motor,tergantung tenaga ahli catnya,walau memakai bahan lokal klo tenaga ahlinya sudah berpengalaman.pasti hasilnya bagus.dengan tehnik.dan waktu yg tepat.

    BalasHapus